Yang Harus Anda Ketahui...

Rabu , 30 Oktober 2013 13:33 | Berita Perusahaan | Dibaca 4148 kali

Yang harus diketahui dalam kursus stir :

Materi

Sebagai orang awam anda harus jeli materi apa saja yang diterima, banyak tempat kursus memberikan harga murah tapi materi disunat. Misal tidak diberikan materi tanjakan atau parkir. Apakah anda mau nyawa anda /keluarga menjadi taruhannya. Ini justru akan merugikan anda. Hak-hak anda tidak terpenuhi. Materi yang biasa harus ada di tempat kursus :

1.  Tanjakan

Materi ini sangat penting banyak orang kursus tetapi tidak bisa tanjakan karena tidak diajarkan. Materi tanjakan bukan hanya melewati tanjakan saja. Tetapi harus bisa mengatasi macet pada tanjakan.  Kalau anda diajarkan hanya melewati tanjakan aja itu akan percuma.

Materi tanjakan ada 2 cara :

a.  Tanjakan menggunakan Handrem :

Model tanjakan ini digunakan pada saat macet lama ditanjakan. Model ini lebih aman tp  agak ribet.        

b.    Tanjakan tanpa Handrem (Setengah Kopling)

Model tanjakan ini digunakan pada saat macet merayap. Model ini lebih simple tp  kelemahannya apabila terlalu sering menggunakan setengah kopling kampas cepet habis atau  terbakar kampas koplingnya

2.  Parkir

Kalau parkir (mundur)biasanya rata-rata diajarkan diajarkan ditempat lain. Cuma yang perlu  saya garis bawahi adalah kalau diajarkan parkir hanya mundur lurus aja itu juga percuma. Coba  anda amati orang yang sedang parkir apakah hanya mundur lurus?? Jawabannya pasti TIDAK. Model  Parkir ada 2 cara :

a.  Parkir letter “L” :

Parkir ini biasanya digunakan pada saat parkir digarasi rumah atau di tempat parkiran mall

b. Parkir Paralel :

Parkir ini digunakan pada saat parkir dipinggir jalan raya. Gambarannya didepan belakang kita  ada mobil kita parkir ditengah-tengahnya.

Parkir paralel adalah pengembangan dari parkir letter “L”. jadi jika pengen menguasai parkir  paralel kuasai dulu parkir letter “L”

3. Jalan Raya

Materi ini biasanya sering diajarkan. Jika tidak diajarkan kemungkinan cara mengemudi anda masih  kurang terarah dan stabil.

Dari ketiga materi diatas yang wajib anda terima yaitu tanjakan dan parkir. Untuk jalan raya  bersifat optional.

 

Fasilitas

Sebenarnya banyak fasilitas pendukung. Tetapi akan saya berikan point penting aja.

Tanyakan kepada lembaga kursus misal apabila terjadi tabrakan atau lecet pada mobil akan dikenakan biaya penggantian kerusakan??

Disini akan saya garis bawahi sebenarnya didalam kursus seharusnya anda tidak dibebankan biaya kerusakan. Karena semua biaya kerusakan ditanggung lembaga kursus. Anda belajar dan harus bayar mahal-mahal. Jika anda disuruh membayar kerusakan sama saja anda belajar atau latihan menggunakan mobil sendiri. Benar??

 

Semoga anda bijak dan kritis dalam memilih tempat kursus.